Marketplace Codeigniter

Marketplace codeigniter adalah kode program berbasis web untuk keperluan toko online multi seller atau multi vendor. Hampir seperti tokopedia, bukalapak, dan shopee. Download kode program marketplace codeigniter adalah berbayar, tetapi dengan harga terjangkau. Sangat sepadan dengan penghematan waktu dan tenaga dibandingkan jika kita coding sendiri dari awal.

marketplace codeigniter
halaman admin dinas marketplace codeigniter

Marketplace

Marketplace merupakan media online berbasis internet (web based) tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga pasar. Sedangkan bagi supplier/penjual dapat mengetahui perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk/jasa mereka(Opiida, 2014).

Marketplace adalah suatu aplikasi atau website yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya, sekaligus bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak hanya menyediakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli tetapi juga transaksi pembayaran.

Menurut Strauss (2001)
Marketplace adalah penggunaan data elektronik dan aplikasi untuk perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, distribusi dan harga sebuah ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Jenis – Jenis Marketplace

Marketplace horizontal adalah marketplace yang dapat memperjual-belikan beberapa jenis produk yang masih saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Umumnya, horizontal marketplace dapat menampilkan dirinya sebagai toko serba ada sehingga mampu mengangkat kenyamanan sebagai selling pointnya.

Contohnya pada sebuah marketplace yang dapat menjual produk komputer dan aseseorisnya. Didalam media marketplace tersebut tidak hanya menjual berbagai merek komputer tetapi juga marketplace tersebut menjual asesoris pendukung, sparepart komputer dan lain-lain.

Marketplace vertikal adalah sebuah media marketplace yang dapat memperjual-belikan satu jenis produk yang didapatkan dari berbagai sumber. Dengan kata lain, produk yang dijual berasal dari banyak supplier namun jenis produknya harus satu jenis.

Contohnya sebuah marketplace yang hanya menjual produk mobil dari yang bekas hingga mobil baru.

Marketplace global adalah sebuah media marketplace yang dapat memperjual-belikan beragam jenis produk yang berbeda dan didapatkan dari banyak sumber. Barang yang dijual tidak harus berhubungan satu dengan lainnya. Contohnya Bukalapak, Tokopedia, Shoppe dan OLX.

Marketplace konsinyasi adalah jenis marketplace dimana penjual hanya menyerahkan hal-hal penting kepada marketplace seperti detail produk dan informasi lainnya kepada pihak marketplace.

Marketplace murni adalah marketplace yang hanya berfungsi sebagai penyedia tempat bagi penjual untuk mempromosikan produknya sekaligus memberikan fasilitas pembayaran. Contohnya Amazon, BliBli, Dll.

(https://sarjanaekonomi.co.id/marketplace/)

Marketplace Codeigniter

Codeigniter dapat disebut sebagai framework pengembangan aplikasi (Application Development Framework) dengan menggunakan PHP. Dalam hal ini programmer tidak lagi membuat sebuah website dari awal (from scratch), karena Codeigniter telah menyediakan library yang dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang umum, dengan menggunakan antarmuka dan struktur logika yang lebih sederhana untuk mengakses librarynya. Programmer dalam hal ini cukup memfokuskan diri pada script atau kode-kode yang dibuatnya sesuai dengan fungsi yang diinginkan (Badiyanto & Murya, 2018).

Saat ini, codeigniter dikembangkan oleh komunitas dan disebarluaskan ke seluruh dunia dengan lisensi bebas. Codelgniter tergolong framework dengan ukuran kecil dan cukup mudah dipaharni dan kuasai (Badiyanto & Murya, 2018)

Ecommerce

Menurut Loudon (2014), toko online adalah bagian dari e-commerce. Toko online sering disebut sebagai e-tailer karena hampir mirip dengan bisnis retail (eceran), melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. E-tailer masuk pada salah satu jenis e-commerce yaitu jenis Bisnis-to-Customer.

E-commerce yaitu penggunaan Internet, World Wide Web (Web), dan aplikasi seluler untuk bertransaksi bisnis (Loudon, 2014).  E-commerce dan e-bisnis tumpang tindih di batas bisnis perusahaan, pada titik di mana bisnis internal sistem terhubung dengan pemasok atau pelanggan. Aplikasi e-bisnis berubah menjadi e-commerce tepat ketika pertukaran nilai terjadi.

Marketplace + Peta Lokasi

Maketplace codeigniter dikelola oleh dinas koperasi dan UKM. Sebagai media pemasaran UKM (usaha kecil menengah). Member UMKM dikelola oleh admin Dinas.

Peta dengan googlemap API. Ongkos kirim dengan API RajaOngkir.

Kontak admin untuk memperoleh kode marketplace codeigniter.