Sistem Informasi Geografis SIG Pemetaan Wilayah Tambak

Download aplikasi sistem informasi geografis (GIS) SIG Pemetaan Wilayah Tambak disini. Siapa tahu arsip kode kami bisa jadi bahan belajar, atau bahan benchmark anda agar dapat menghasilkan aplikasi yang lebih baik. Tapi harus bayar. Wkwkwkwkw.

Kata Kunci

Arsip aplikasi ini memiliki fitur kunci survey dan peta.

  • Fitur survey dengan penyebaran atau pengisian kuesioner bagi responden (petani tambak)
  • Pemetaan wilayah (pembatasan area tambak) dengan area poligon di google map

Latar Belakang

Data tentang tambak dan informasi geografis sangat penting bagi pemerintah dan bagi masyarakat khususnya petani tambak. Pemerintah daerah membutuhkan data Data tentang tambak dan informasi geografis tambak untuk mengenali potensi daerah dan menyusun program pembangunan daerah. Data kepemilikan tambak, jenis tambak, jumlah produksi tambak, kendala dan pemasalahan tambak, kesesuaian tambak, dan lain-lain adalah data penting yang berkenaan dengan tambak yang disimpan atau dikelola oleh dinas perikanan. Data tersebut diolah menjadi informasi yang menjadi masukan bagi pemerintah daerah. Informasi digunakan sebagai penunjang pengambilan keputusan dalam menentukan atau menyusun program pemerintah seperti peningkatan budidaya tambak, merencanakan kegiatan penyuluhan petani tambak, atau mengganti kebijakan kebijakan perikanan.

Masyarakat umum membutuhkan keterbukaan informasi. Informasi riil yang dibutuhkan masyarakat umum dan petani tambak adalah informasi pemetaan (area-area) tambak yang diakui secara resmi, dan tentang lokasi fasilitas penunjang kegiatan perekonomian tambak, misalnya lokasi kantor dinas perikanan, lokasi kelompok petani tambak, lokasi koperasi usaha, dan lokasi pusat penjualan hasil tambak. Pemetaan tambak yang jelas, terbuka, dan resmi juga akan meminimalkan sengketa lahan tambak.

Batasan

  1. Sistem informasi geografishasil penelitian akan menampilkan peta persebaran tambak garam dan lokasi fasilitas pendukung kegiatan perekonomian tambak garam yaitu pusat penjualan garam.
  2. Menentukan letak tambak, pembentukan area tambak, dan letak pusat penjualan garamdilakukan menggunakan bantuan citra satelit google map.
  3. Implementasi pembuatan sistem informasi geografis dilakukan dengan pemrograman berbasis web. Peta divisualisasikan menggunakan peta google dengan bantuan google map API.
  4. Model proses pengembangan perangkat lunak menggunakan model proses prototyping. Pemodelan perangkat lunak dilakukan menggunakan Unified Modeling Language (UML).

Deskripsi Sistem Informasi Geografis

Sistem informasi geografis  atau Geographic Information System (GIS)  dapat didefinisikan sebagai “Sistem untuk menangkap, menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisis dan menampilkan data yang secara spasial direferensikan ke Bumi. GIS melibatkan database komputer yang direferensikan secara spasial dan perangkat lunak aplikasi yang sesuai”

Definisi GIS Dana Tomlin, Sistem Informasi Geografis dan Kartografi Modeling (2008) “Definisi luas GIS adalah fasilitas untuk mempersiapkan, menyajikan, dan menafsirkan fakta yang berhubungan dengan permukaan bumi. Definisi sempit, suatu sistem informasi geografis atau GIS adalah konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer khusus dirancang untuk akuisisi, pemeliharaan, dan penggunaan data kartografi.”

Definisi GIS Jeffrey Star dan John Estes, Sistem Informasi Geografis: Sebuah Pengantar (2008), “Sistem informasi geografis (GIS) adalah sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang direferensikan oleh koordinat spasial atau geografis. Dengan kata lain, suatu GIS adalah sistem database dengan kemampuan khusus untuk data referensi spasial, juga [sebagai] satu set operasi untuk bekerja dengan data. Dalam arti, GIS dapat dianggap sebagai peta tingkat tinggi. “

Fitur SIG Pemetaan Wilayah Tambak

  1. Memiliki fitur autentifikasi/login
  2. Dapat digunakan oleh pegawai dinas perikanan untuk mengelola:
    • data pengguna (admin dinas),
    • data jenis tambak,
    • data periode survey,
    • data kelompok petani tambak,
    • data petani tambak,
    • data hasil survey (validasi response),
    • data fasilitas penunjang perekonomian tambak,
    • dan data lainnya seperti data berita.
  3. Mampu menghasilkan laporan data responden, laporan peta tambak, , dan laporan hasil survey.
  4. Dapat digunakan oleh petani tambak untuk registrasi, edit data diri, dan menjawab pertanyaan survey tambak.
  5. Dapat digunakan oleh ketua kelompok petani tambak untuk mengelola data anggota (petani tambak), dan memverifikasi atau mengaktifkan data petani tambak yang mendaftar mandiri.
  6. Dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk :
    • menampilkan berita,
    • menampilkan peta lokasi fasilitas penunjang perekonomian tambak, menampilkan peta tambak, dan menampilkan hasil survey.

Printscreen SIG Pemetaan Wilayah Tambak

home gis tambak
home gis tambak
halaman peta tambak (data sedikit)
halaman peta tambak (data sedikit)
halaman hasil survey tambak
halaman hasil survey tambak
halaman administrasi peta tambak
halaman administrasi peta tambak

Arsip Kode Berbayar

Arsip Kode Gratis On Github

Penilaian Administrator